Profil FM 2021 : Ethan Ampadu

14 Okt

#ScoutSavage – Ethan Ampadu

Profil : Pada musim ini ada lagi pemain British yang ke Bundesliga lagi cuy, walaupun Ampadu ini cuma pinjaman ke RB Leipzig. Hal ini menjadi kesempatan bagi dia untuk bersinar layaknya matahari di pagi hari, karena RB Leipzig memang tempatnya pemain bocah untuk menunjukkan potensinya. Nah, bicara soal posisi pemain gimbal ala Reggae Bob Marley dan Mbah Surip ini, Ia bisa bermain di posisi bek tengah dan gelandang bertahan, umurnya masih muda 19 tahun bro, dan tingginya 182 cm nih.

Gaya Bermain : Umunya Ampadu yang merupakan organ tubuh ini hiyaa. Jadi dia memiliki posisi natural bek tengah yang progressif dengan umpan-umpannya sehingga sebenarnya ia cukup cocok apabila bermain di Chelsea yang sedang dia asuh oleh Lampard ini. Karena ia merupakan tipe bek tengah yang memiliki role Ball Playing Defender, yang dapat memberikan umpan-umpan progressif maju terus pantang mundur, dimana tipe bek ini sering membangun build-up sebuah tim dari belakang. Contoh Ball Playing Defender kelas dunia ya seperti Pique. Tetapi ia juga tipe bek yang sering melakukan tackle dengan sliding tackle untuk dapat mendapatkan bola. Apabila diplot sebagai gelandang bertahan, Ampadu tipe gelandang yang melakukan pressing juga ketika timnya kehilangan bola my bro. Sehingga cukup cocoklah untuk main di klub yang bermain dengan high defensive line.

Kelebihan : Seperti yang gua bilang, Ampadu ini tipe bek yang sering memberi umpan seperti cacing dan pelet, gak dengg. Dia memiliki kemampuan umpan yang bagus dengan akurasi tepat, bahkan dalam memberikan umpan lambung ke wing backs. Sehingga apabila timnya sedang membangun serangan dengan tepat, maka pelatih tentunya harus memulai dengan pemain Wales ini lah. Dalam kemampuan positioning dan blocking dalam bertahan pun ia memiliki visi dan timing untuk melakukannya sehingga membantu timnya gak kebobolan yaa biar gak kalah. Dalam duel udara pun ia memiliki kemampuan bertarung yang bagus untuk mendapatkan sundulan, sehingga tim yang dilawan apabila ingin bermain long ball harus melewati dia dulu juga. Kemampuannya yang bisa bermain di dua posisi yang berbeda tentunya juga membantu timnya ketika krisis moneter cedera 1997. Kecepatannya dalam menutup lubang pertahanan pun juga harus diacungi jempol, karena ia sering menutup dengan cepat ketika timnya sedang terkena counter attack. Sehingga kecepatannya inilah yang dapat mendukung gaya bermain high pressing.

Kekurangan : Gimbal-gimbal gini punya kekurangan juga ya ternyata, sebenarnya kekurangannya itu seperti pemain muda pada umumnya. Ia memiliki potensi yang bagus, tapi dia masih inkonsisten dalam performanya sehingga membutuhkan motivasi lebih dalam bermain. Ampadu juga nampaknya juga sulit mendapatkan tekanan dari fans karena masih muda. Sebenarnya hal ini sangat mudah untuk dibenahi, apalagi pelatih saat ini Nagelsmann yang suka mengorbitkan pemain yang young tapi bukan Ashley Young. Tapi sangat disayangkan ia malah jarang dimainkan sehingga akan sulit untuk melatih mentalnya ini. Kualitasnya sebagai bek tengah dan gelandang bertahan saat ini juga dikatakan masih belum berada di level tim utama Leipzig yang sudah cukup tinggi seperti Ibrahim Konate,Upamecano,Orban,dll.

Statistik : Nah, seperti yang gua katakan nih yeee, dia jarang bermain di RB Leipzig padahal ia memiliki potensi yang luar biasa. Sehingga statistik yang mau dikulik pun susah, tapi ia cukup sering bermain di Wales. Maka gua kasih statistik yang ada di Wales ajee main ama Bale desa. Oiya deng, tetapi kemarin ia diplot sebagai gelandang bertahan ketika menghadapi Benfica dan bermain selama 56 menit. Luar biasa, ia melakukan 2 tekel sukses, 2 kali blocking, 2 kali clearances, mencatatkan 76 sentuhan dan memiliki akurasi 91% umpan sukses. Cukup Uwauwww walaupun timnya draw 2-2 boy. Mencatatkan 7 kali bermain dengan Wales di kualifikasi Euro kemarin loh, sebagai bek tengah ia terbukti mencatatkan 1,1 intersepsi per laga, 2,1 tekel per laga, 84% umpan yang sukses luar biasa. Menurut kalian ia sebenarnya pantas gak menjadi pemain utama RB Leipzig atau harus kembali ke Chelsea dan Lampar memanfaatkannya? Atau malahh ia pindah klub aja? keknya pindah ae lah hiyaa.

Tinggalkan komentar